Kegiatan 1 Membandingkan Karakterisasi dan Plot pada Hikayat dan Cerpen, Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas X Halaman 59-63 Kurikulum Merdeka – Dalam mempelajari sastra, terdapat berbagai jenis karya yang dapat dijelajahi, seperti hikayat dan cerpen. Keduanya merupakan bentuk narasi yang menawarkan cerita yang menarik dan karakter-karakter yang beragam. Namun, meskipun memiliki kesamaan dalam menyampaikan cerita, terdapat perbedaan signifikan dalam karakterisasi dan plot antara hikayat dan cerpen. Dalam pembahasan ini, kita akan membandingkan karakterisasi dan plot dalam hikayat dengan cerpen, dengan fokus pada buku siswa Bahasa Indonesia SMP kelas X halaman 59-63 dari Kurikulum Merdeka.
Hikayat dan cerpen merupakan dua bentuk sastra yang berbeda dalam hal panjang cerita dan cara penyampaian. Hikayat umumnya merupakan karya sastra yang lebih panjang dan epik, sering kali mengisahkan perjalanan tokoh-tokoh yang heroik dan memiliki latar belakang mitologis. Di sisi lain, cerpen adalah karya sastra yang lebih pendek dengan fokus pada satu peristiwa atau konflik yang berkembang dengan cepat. Pembahasan ini akan membantu kita memahami bagaimana karakter-karakter dalam hikayat dan cerpen dikembangkan serta bagaimana plot cerita diatur dalam kedua jenis karya tersebut.
Melalui pembahasan ini, kita akan mengeksplorasi cara karakter-karakter dalam hikayat dan cerpen dikarakterisasi dan bagaimana plot cerita berkembang dalam kedua jenis karya tersebut. Hal ini akan membantu kita memahami perbedaan gaya penulisan, fokus cerita, dan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam masing-masing jenis karya. Selain itu, pembahasan ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana sastra menjadi wadah untuk memahami manusia dan masyarakat serta bagaimana penulis menggunakan karakter dan plot untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam karya sastra mereka
Kegiatan 1 Membandingkan Karakterisasi dan Plot pada Hikayat dan Cerpen
Pada kegiatan kali ini, kalian akan membaca Hikayat si Miskin untuk mengidentifikasi karakterisasi dan plot pada hikayat.
Gunakanlah tabel-tabel di bawah ini untuk mengidentifikasi hal tersebut.
Berikut adalah tabel identifikasi karakterisasi untuk tokoh-tokoh dalam teks “Hikayat si Miskin”:
Nama Tokoh | Karakter Tokoh | Masalah yang Dihadapi Tokoh | Cara Tokoh Menyelesaikan Masalah |
---|---|---|---|
Si Miskin | Jujur, sabar, tekun, berani | Terlantar di negeri Antah Berantah, dibenci orang, kesulitan mencari makan | Mengemis di pasar, memohon dengan sopan kepada orang, memperjuangkan kehidupan yang lebih baik, berjuang dengan kerja keras |
Istri Si Miskin | Sabar, memiliki keutamaan, mengidamkan buah mempelam Raja | Mengidamkan buah mempelam Raja, menolak makan selain buah mempelam | Menolak makan selain buah mempelam, menunggu dengan kesabaran, mempertahankan keutamaan diri |
Raja Kayangan | Mengutuk Si Miskin menjadi miskin, membenci Si Miskin | Mengutuk Si Miskin menjadi miskin, mengusir Si Miskin dari negeri | Membawa masalah kehadapan Maharaja Indera Dewa, memohon ampun dan memperjuangkan perubahan nasib |
Maharaja Indera Angkasa (Si Miskin setelah menjadi kaya) | Jujur, tekun, berkeinginan membahagiakan istri dan keluarganya | Mencari cara untuk memenuhi keinginan istri yang mengidamkan buah mempelam Raja | Mengemis di pasar untuk memenuhi keinginan istri, memohon kepada Maharaja Indera Dewa dan mendapatkan buah mempelam |
Uraikan plot cerita dalam teks Hikayat si Miskin secara kronologis dengan mengisikan kata-kata ke dalam setiap kotak pada bagan di atas. Kalian dapat menambahkan kotak jika dirasa perlu.
Jawaban:
Gambaran kronologis plot cerita “Hikayat si Miskin” berdasarkan urutan peristiwa dalam teks:
- Si Miskin dan istrinya, yang awalnya merupakan raja kayangan, disumpahi oleh Batara Indera dan terlantar di negeri Antah Berantah.
- Mereka mengemis di pasar dan kampung, tetapi dibenci dan diusir oleh orang-orang.
- Si Miskin mencoba memenuhi keinginan istrinya untuk memakan buah mempelam dari taman raja.
- Si Miskin pergi ke pasar dan memohon buah mempelam dari pedagang, yang pada akhirnya mendapat banyak bantuan dari para pedagang.
- Si Miskin memberikan buah mempelam dan hadiah lainnya kepada istrinya.
- Istri Si Miskin menolak makan selain buah mempelam dari taman raja.
- Si Miskin pergi menghadap Maharaja Indera Dewa untuk memohon buah mempelam Raja.
- Maharaja Indera Dewa memberikan buah mempelam kepada Si Miskin.
- Si Miskin kembali ke istrinya dengan buah mempelam, dan istrinya sangat senang dan memakannya.
- Istri Si Miskin hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Marakarmah.
- Si Miskin menjadi kaya dan membangun sebuah negeri yang bernama Puspa Sari.
Catatan: Urutan peristiwa ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada interpretasi pembaca dan kesimpulan yang diambil dari teks tersebut.
Hikayat si Miskin
Asalnya raja kayangan dan jadi demikian karena disumpahi oleh Batara Indera. Terlantar di negeri Antah Berantah dan keduanya sangat dibenci orang. Setiap kali mereka mengemis di pasar dan kampung mereka dipukuli dan diusir hingga ke hutan. Oleh yang demikian, tinggallah dua suami-istri itu di hutan memakan batang kayu dan buah-buahan.
Hatta beberapa lamanya maka istri si Miskin itu pun hamillah tiga bulan lamanya. Maka istrinya menangis hendak makan buah mempelam yang ada di dalam taman raja itu. Maka suaminya itu pun terketukkan hatinya tatkala ia di Keinderaan menjadi raja tiada ia mau beranak. Maka sekarang telah mudhorot. Maka baharulah hendak beranak seraya berkata kepada istrinya, “Ayo, hai Adinda. Tuan hendak membunuh kakandalah rupanya ini. Tiadakah tuan tahu akan hal kita yang sudah lalu itu? Jangankan hendak meminta barang suatu, hampir kepada kampung orang tiada boleh.”
Setelah didengar oleh istrinya kata suaminya demikian itu maka makinlah sangat ia menangis. Maka kata suaminya, “Diamlah tuan, jangan menangis! Berilah kakanda pergi mencaharikan tuan buah mempelam itu, jikalau dapat oleh kakanda akan buah mempelam itu kakanda berikan pada tuan.”
Maka istrinya itu pun diamlah. Maka suaminya itu pun pergilah ke pasar mencahari buah mempelam itu. Setelah sampai di orang berjualan buah mempelam maka si Miskin itu pun berhentilah di sana. Hendak pun dimintanya takut ia akan dipalu orang. Maka kata orang yang berjualan buah mempelam, “Hai miskin. Apa kehendakmu?”
Maka sahut si Miskin, “Jikalau ada belas dan kasihan serta rahim tuan akan hamba orang miskin hamba ini minta diberikan yang sudah terbuang itu. Hamba hendak memohonkan buah mempelam tuan yang sudah busuk itu barang sebiji sahaja tuan.”
Maka terlalu belas hati sekalian orang pasar itu yang mendengar kata si Miskin. Seperti hancurlah rasa hatinya. Maka ada yang memberi buah mempelam, ada yang memberikan nasi, ada yang memberikan kain baju, ada yang memberikan buahbuahan. Maka si Miskin itu pun heranlah akan dirinya oleh sebab diberi orang pasar itu berbagai-bagai jenis pemberian. Adapun akan dahulunya jangankan diberinya barang suatu hampir pun tiada boleh. Habislah dilemparnya dengan kayu dan batu. Setelah sudah ia berpikir dalam hatinya demikian itu maka ia pun kembalilah ke dalam hutan mendapatkan istrinya.
Maka katanya, “Inilah Tuan, buah mempelam dan segala buah-buahan dan makan-makanan dan kain baju. Itupun diinjakkannyalah istrinya seraya menceriterakan hal ihwalnya tatkala ia di pasar itu. Maka istrinya pun menangis tiada mau makan jikalau bukan buah mempelam yang di dalam taman raja itu. “Biarlah aku mati sekali.”
Maka terlalulah sebal hati suaminya itu melihatkan akan kelaku an istrinya itu seperti orang yang hendak mati. Rupanya tiada lah ber daya lagi. Maka suaminya itu pun pergilah menghadap Maharaja Indera Dewa itu. Maka baginda itu pun sedang ramai di hadap oleh segala raja-raja. Maka si Miskin datanglah. Lalu masuk ke dalam sekali. Maka titah baginda, “Hai Miskin, apa kehendakmu?”
Maka sahut si Miskin, “Ada juga tuanku.” Lalu sujud kepalanya lalu diletakkannya ke tanah, “Ampun Tuanku, beribu-ribu ampun tuanku. Jikalau ada karenanya Syah Alam akan patuhlah hamba orang yang hina ini hendaklah memohonkan buah mempelam Syah Alam yang sudah gugur ke bumi itu barangkali Tuanku.”
Maka titah baginda, “Hendak engkau buatkan apa buah mempelam itu?”
Maka sembah si Miskin, “Hendak dimakan, Tuanku.”
Maka titah baginda, “Ambilkanlah barang setangkai berikan kepada si Miskin ini”.
Maka diambilkan oranglah diberikan kepada si Miskin itu. Maka diambillah oleh si Miskin itu seraya menyembah kepada baginda itu. Lalu keluar ia berjalan kembali. Setelah itu maka baginda pun berangkatlah masuk ke dalam istananya. Maka segala raja-raja dan menteri hulubalang rakyat sekalian itu pun masing-masing pulang ke rumahnya. Maka si Miskin pun sampailah kepada tempatnya. Setelah dilihat oleh istrinya akan suaminya datang itu membawa buah mempelam setangkai. Maka ia tertawa-tawa. Seraya disambutnya lalu dimakannya.
Maka adalah antaranya tiga bulan lamanya. Maka ia pun menangis pula hendak makan nangka yang di dalam taman raja itu juga. Demikian juga si Miskin mendapat nangka di kebun raja itu untuk istrinya yang mengidam itu Adapun selama istrinya si Miskin hamil maka banyaklah
makan-makanan dan kain baju dan beras padi dan segala perkakasperkakas itu diberi orang kepadanya.
Dan pada ketika yang baik dan saat yang sempurna, pada malam empat belas hari bulan maka bulan itu pun sedang terangtumerang maka pada ketika itu istri si Miskin itu pun beranaklah seorang anak lelaki terlalu amat baik parasnya dan elok rupanya. Anak itu dinamakan Marakarmah, artinya anak di dalam kesukaran.
Hatta maka dengan takdir Allah Swt. menganugerahi kepada hambanya. Maka si Miskin pun menggalilah tanah hendak berbuat tempatnya tiga beranak itu. Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu. Maka tergalilah kepada sebuah telaju yang besar berisi emas terlalu banyak. Maka istrinya pun datanglah melihat akan emas itu. Seraya berkata kepada suaminya, “Adapun akan emas ini sampai kepada anak cucu kita sekalipun tiada habis dibuat belanja.”
Ia menjadi kaya dan menempah barang-barang keperluannyakendi, lampit, utar-utar, pelana kuda, keris, dan sebagainya. Sekembalinya dari menempah barang-barang itu dia mandi berlimau, menimang anaknya dan berseru, “Jikalau sungguhsungguh anak dewa-dewa hendak menerangkan muka ayahanda ini, jadiIah negeri di dalam hutan ini sebuah negeri yang lengkap dengan kota, parit dan istananya serta dengan menteri, hulubalang, rakyat sekalian dan segala raja-raja di bawah baginda, betapa adat segala raja-raja yang besar!”
Kabul permintaan itu dan si Miskin menjadi raja bertukar nama Maharaja Indera Angkasa dan istrinya bertukar nama Ratna Dewi dan negeri itu dinamakan Puspa Sari.
(Sumber: Bunga Rampai Melayu Kuno, 1952, dengan penyesuaian)
Setelah kalian membaca cerita dan mengisi tabel tersebut, jawablah pertanyaan ini.
1. Apakah setiap tokoh memiliki porsi yang sama dalam cerita untuk digambarkan karakternya? Jika tidak, tokoh mana yang mendapatkan porsi lebih banyak? Jelaskan alasanmu!
Jawaban:
Tidak, setiap tokoh dalam cerita tidak memiliki porsi yang sama untuk digambarkan karakternya. Tokoh yang mendapatkan porsi lebih banyak adalah si Miskin (Maharaja Indera Angkasa) dan istrinya (Ratna Dewi). Mereka adalah tokoh sentral dalam cerita dan perjalanan mereka dari kesengsaraan menjadi kekayaan menjadi fokus utama. Karakter mereka dibangun secara lebih detail dan mendalam, sedangkan tokoh lainnya hanya muncul sebagai pendukung dalam cerita.
2. Adakah keterkaitan antara karakter tokoh dan cara mereka me nyelesai kan masalah? Mengapa?
Jawaban:
Ada keterkaitan antara karakter tokoh dan cara mereka menyelesaikan masalah. Si Miskin ditampilkan sebagai sosok yang jujur, sabar, dan tekun. Dia berusaha memenuhi keinginan istrinya dengan cara yang halal, seperti mengemis dan memohon secara sopan. Ia juga berusaha keras untuk mengubah nasibnya melalui kerja keras dan keberanian. Istri si Miskin, meskipun mengidamkan buah mempelam Raja, tetap memiliki keutamaan dan menunjukkan kesabaran dengan menolak makan selain buah mempelam. Keterkaitan ini menunjukkan bahwa karakter dan nilai-nilai moral tokoh memengaruhi cara mereka menghadapi masalah dan mencapai tujuan mereka.
3. Apa yang akan terjadi jika si Miskin tidak jujur menyampaikan kepada istrinya bahwa mempelam yang didapatnya kali pertama dari pasar? Apakah hal tersebut akan sangat memengaruhi cerita?
Jawaban:
Jika si Miskin tidak jujur menyampaikan kepada istrinya bahwa mempelam yang didapatnya pertama kali dari pasar, kemungkinan besar hal tersebut akan sangat memengaruhi cerita. Jika rahasia tersebut terbongkar, kemungkinan besar kepercayaan istrinya terhadap suaminya akan rusak. Selain itu, kejujuran merupakan nilai yang penting dalam hubungan suami istri, dan ketika kejujuran tidak ada, hal itu dapat menciptakan ketegangan dan keretakan dalam hubungan mereka.
4. Apakah kalian setuju dengan sikap istri si Miskin yang menolak mempelam yang dibawa suaminya dari pasar? Mengapa?
Jawaban:
Pendapat mengenai sikap istri si Miskin yang menolak mempelam yang dibawa suaminya dari pasar tergantung pada sudut pandang masing-masing individu. Namun, secara umum, sikap istri si Miskin bisa dipahami karena dia mengidamkan buah mempelam dari taman raja dan mungkin merasa bahwa buah mempelam dari pasar tidak memenuhi keinginannya. Selain itu, dia mungkin juga menginginkan buah mempelam sebagai simbol status sosial dan kekayaan.
5. Jika kalian menjadi si Miskin apakah kalian akan melakukan hal yang sama saat diminta istrinya meminta mempelam Raja? Jelaskan alasan jawabanmu!
Jawaban:
Jika saya menjadi si Miskin, saya akan mempertimbangkan kondisi saya dan keinginan istri saya dengan bijak. Jika mempelam dari pasar dapat memenuhi keinginan istri saya dan membahagiakan dia, sambil tetap menjaga integritas dan moralitas, saya akan mencoba mendapatkan buah mempelam tersebut. Namun, jika itu melibatkan tindakan yang tidak jujur atau merugikan orang lain, saya akan mencari alternatif lain yang dapat memenuhi keinginan istri saya tanpa melanggar nilai-nilai yang penting bagi saya.
Kesimpulan
Dalam membandingkan karakterisasi dan plot antara hikayat dan cerpen, kita dapat melihat bahwa keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengembangkan karakter dan menyusun alur cerita. Dalam hikayat, karakter-karakter sering kali dikembangkan secara lebih mendalam dan kompleks, dengan fokus pada perjalanan heroik dan mitologi. Sementara itu, cerpen cenderung fokus pada satu peristiwa atau konflik dengan karakter yang mungkin lebih sederhana dan lebih singkat dalam pengembangannya.
Perbedaan dalam karakterisasi dan plot juga mempengaruhi panjang cerita dan kompleksitas tema yang diangkat dalam hikayat dan cerpen. Hikayat, dengan ukurannya yang lebih besar, sering kali menggambarkan tema-tema epik dan moralitas yang luas, sementara cerpen cenderung lebih fokus pada tema yang lebih spesifik dan terbatas. Hal ini mencerminkan perbedaan tujuan dan gaya penulisan antara kedua jenis karya sastra tersebut.
Pembahasan ini mengajarkan kita pentingnya memahami karakterisasi dan plot dalam karya sastra, baik itu hikayat maupun cerpen. Karakter-karakter dalam sebuah karya dapat membantu kita memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi, sementara plot cerita memberikan alur yang menarik dan pemahaman tentang konflik yang muncul. Membandingkan karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen memberikan wawasan yang lebih dalam tentang keunikan masing-masing jenis karya sastra serta cara mereka menyampaikan pesan-pesan moral dan sosial kepada pembaca.
Pertanyaan dan Jawaban
Apa perbedaan utama antara karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen?
Perbedaan utama antara karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen terletak pada pengembangan karakter dan perkembangan cerita. Dalam hikayat, karakter-karakter sering kali dikembangkan secara lebih mendalam dan kompleks, sementara cerpen cenderung memiliki karakter yang lebih sederhana dan fokus pada satu peristiwa atau konflik. Plot dalam hikayat dapat melibatkan perjalanan panjang dan tema yang luas, sementara plot cerpen lebih singkat dan terfokus pada tema yang lebih spesifik.
Bagaimana karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen mempengaruhi panjang cerita dan kompleksitas tema yang diangkat?
Karena karakterisasi yang lebih mendalam dan plot yang lebih luas, hikayat cenderung memiliki cerita yang lebih panjang dan kompleks dengan tema-tema epik dan moralitas yang luas. Di sisi lain, cerpen, dengan karakterisasi yang lebih sederhana dan plot yang terfokus, memiliki cerita yang lebih pendek dan tema yang lebih terbatas. Perbedaan ini mencerminkan perbedaan tujuan dan gaya penulisan antara kedua jenis karya sastra tersebut.
Mengapa karakterisasi dan plot penting dalam sebuah karya sastra?
Karakterisasi dan plot merupakan elemen penting dalam sebuah karya sastra karena mereka membantu membentuk cerita secara keseluruhan. Karakter-karakter memberikan dimensi manusiawi dalam cerita, memungkinkan pembaca untuk terhubung dengan peristiwa dan konflik yang terjadi. Plot, di sisi lain, memberikan struktur dan alur cerita yang menarik, mempertahankan minat pembaca dan memungkinkan penulis untuk menyampaikan pesan moral atau sosial.
Apakah karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen dapat mempengaruhi cara kita memahami dan menginterpretasikan pesan dari karya sastra?
Ya, karakterisasi dan plot dapat mempengaruhi cara kita memahami dan menginterpretasikan pesan dari karya sastra. Karakter-karakter yang mendalam dan plot yang kompleks dalam hikayat mungkin menunjukkan pesan moral dan etika yang lebih luas, sementara karakterisasi yang sederhana dan plot yang terfokus dalam cerpen dapat mengandung pesan yang lebih spesifik. Pemahaman dan interpretasi kita terhadap karakterisasi dan plot dapat membantu kita menangkap dan menggali pesan-pesan yang disampaikan oleh penulis.
Bagaimana membandingkan karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen dapat membantu kita menghargai keunikan masing-masing jenis karya sastra?
Dengan membandingkan karakterisasi dan plot dalam hikayat dan cerpen, kita dapat melihat bagaimana kedua jenis karya sastra memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengembangkan karakter dan menyusun alur cerita. Hal ini membantu kita menghargai keunikan masing-masing jenis karya dan bagaimana mereka menggunakan karakterisasi dan plot untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung dalam karya sastra mereka. Memahami perbedaan ini membantu kita memperkaya pemahaman kita tentang beragam bentuk dan gaya sastra yang ada.