Latihan Pemahaman Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?

Latihan Pemahaman Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting? Topik Terbaru 2023 – Hai rekan-rekan guru, Kurikulum-Merdeka.id akan membagikan materi mengenai jawaban latihan pemahaman yang terdapat pada Modul 1 Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting? Topik 1 Terbaru. Perlu diketahui bahwa modul ini adalah modul terbaru di tahun 2023.

Latihan Pemahaman Modul Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?

Jawaban yang Kami bagikan adalah jawaban alternatif, terutama pada jawaban soal reflektif. Jadi rekan-rekan guru dapat mengisi jawaban pada kolom soal reflektif dengan jawaban dari versi Kami, versi Kalian sendiri, maupun versi lainnya. Mari, langsung saja kita simak seluruh soal dan jawaban latihan pemahaman pada modul ini.

Latihan Pemahaman Pentingnya Transisi PAUD-SD

1.Berikut yang bukan merupakan perubahan PAUD dan SD di tahun ajaran 2023 dan 2024?

a. PAUD dan SD melakukan asesmen awal.

b. Pembelajaran di SD yang tidak diperbolehkan calistung

c. PAUD dan SD memberikan pembelajaran yang membangun fase pondasi

d. Penerimaan Siswa Baru tidak melakukan tes calistung

2. Berikut manakah yang merupakan konsep kesiapan sekolah?

a. Kemampuan baca tulis hitung hanya dilakukan melalui pengenalan keaksaraan dan angka

b. Anak diharapkan mencapai kesiapan bersekolah di usia 6 tahun (sebelum masuk SD)

c. Anak sudah harus dapat baca tulis hitung saat masuk di SD.

d. Kesiapan bersekolah tidak hanya kemampuan baca tulis hitung

Cerita Reflektif Pentingnya Transisi PAUD-SD

Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat?

Jawaban: Ya, terdapat hal-hal yang baru saya pelajari dari materi ini sebagai berikut.

1. Kesiapan sekolah dapat dimaknai sebagai capaian. Namun, perlu diingat bahwa kesiapan sekolah bukanlah upaya untuk mensertifikasi mana anak yang sudah “siap” atau “belum siap”.

2. Tujuan pembelajaran sesungguhnya adalah memastikan setiap anak mendapatkan hak-nya untuk memiliki kemampuan fondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat di tingkatan kelas manapun.

3.Transisi PAUD SD adalah upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Tes Modul 2 Topik 14 Membaca Terbimbing

Latihan Pemahaman Pemenuhan Hak Anak PAUD-SD

1. Dampak yang kita harapkan dari gerakan Transisi PAUD-SD adalah

a. Menunjukkan bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki kesiapan lebih baik di SD.

b. Setiap anak, di manapun titik berangkatnya, dapat dibina kemampuan fondasinya.

c. Guru dapat mencermati apakah anak sudah termasuk “siap” atau “belum siap” bersekolah.

d. Usaha untuk menyamakan kemampuan anak sebelum masuk ke SD

2. Siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan-kemampuan fondasi?

a. Anak itu sendiri

b. Masyarakat di sekeliling anak

c. Dinas terkait

d. Orang tua dan satuan pendidikan

Cerita Reflektif Pemenuhan Hak Anak PAUD-SD

Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawaban: Kita perlu berhenti memaknai kesiapan sekolah sebagai suatu proses penilaian mengenai mana anak yang sudah “siap” atau “belum siap”, karena tujuan pembelajaran sesungguhnya adalah  memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi menuju pembelajar sepanjang hayat.

Baca Juga: Kunci Jawaban Post Tes Modul 1 Topik 14, Membaca Bersama

Latihan Pemahaman Kebijakan Penguatan Transisi PAUD-SD

1. Dalam kebijakan Merdeka Belajar Merdeka Bermain, terdapat strategi yang digunakan dalam gerakan transisi PAUD SD, yaitu…

a. Dukungan dinas terkait dan pengaatan komunitas

b. Menyelaraskan modul literasi dan numerasi untuk SD kelas 1

c. Penguatan PAUD dan keselarasan pembelajaran PAUD SD

d. Evaluasi internal dan evaluasi eksternal institusi paud

2. Apa yang dimaksud dengan penguatan ekosistem dalam keselarasan pembelajaran PAUD-SD?

a. Terbentuknya forum komunikasi PAUD-SD di 204 kab/kota.

b. Adanya modul sumber belajar mandiri untuk guru PAUD dan guru SD.

c. STPPA dan SKL SD dibangun dalam satu lajur perkembangan.

d. Kurikulum dan buku teks kelas 1 SD sudah disederhanakan.

Cerita Reflektif Kebijakan Penguatan Transisi PAUD-SD

Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawaban: Terdapat tiga intervensi pendukung untuk menguatkan keselarasan pembelajaran:

1. Kebijakan tentang struktur pembelajaran

2. Penambahan alat bantu bagi satuan pendidikan PAUD dan SD agar mampu memfasilitasi pembelajaran

anak usia dini secara berkesinambungan

3. Penguatan ekosistem

Selesai sudah Sobat mengerjakan soal dan Latihan Pemahaman Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting? Topik Terbaru 2023. Setelah ini rekan-rekan guru bisa mengerjakan soal latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya lainnya. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat Kurikulum-Merdeka.id bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan rekan-rekan semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Anda dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan komentar