Kunci Jawaban Penulisan Angka dan Nilai Uang – Halo sobat, pada pembahasan sebelumnya telah di bahas tentang infografik uang kertas asli. Pembahasan selanjutnya adalah tentang penulisan angka dan nilai uang.
Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana penulisan angka dan nilai uang yang benar ? Jika belum dalam pembahasan soal kali ini kalian akan belajar mengenai materi tersebut. Kalian dapat menjawab soal di bawah untuk mengukur kemampuan kalian mengenai materi ini.
Setelah selesai mengerjakannya, kalian dapat membandingkan hasil pekerjaan kalian dengan jawaban ini. Langsung saja, berikut penjelasan selengkapnya mengenai penulisan angka dan nilai uang yang terdapat pada bab V pada buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV Kurikulum Merdeka. Yuk kita simak bersama !
Kunci Jawaban Penulisan Angka dan Nilai Uang Halaman 119
Bahas Bahasa
Penulisan Angka dan Nilai Uang
Kalian sudah mengetahui bahwa mata uang negara kita adalah Rupiah. Lambangnya adalah Rp dan ditulis di depan angka yang menyatakan nilai uang.
Baca Juga : Kunci Jawaban Mengamati Infografik tentang Uang Kertas Asli
Sekarang perhatikan teks di bawah ini!
Ke Kelinci baru saja memanen bayam. Seikat bayam untuknya nanti siang. Empat ikat lagi akan dijualnya di pasar dengan harga Rp1.000,00 per ikat. Dengan itu dia bisa membeli wortel seharga dua ribu rupiah dan sisanya akan dia tabung.
1. Bilangan yang berada di awal kalimat harus ditulis dengan huruf.
2. Penulisan nilai uang dengan angka
3. Penulisan nilai uang dengan huruf
Kalian bisa melihat bahwa nilai uang dapat dituliskan dengan angka atau huruf.
Nilai Angka | Baca | Posisi |
1 | satu | satuan |
10 | sepuluh | puluhan |
100 | seratus | ratusan |
1.000 | seribu | ribuan |
10.000 | sepuluh ribu | puluh ribuan |
100.000 | seratus ribu | ratus ribuan |
1.000.000 | satu juta | jutaan |
10.000.000 | sepuluh juta | puluh jutaan |
100.000.000 | seratus juta | ratus jutaan |
1.000.000.000 | satu miliar | miliaran |
1.000.000.000.000 | satu triliun | triliunan |
Baca Juga : Kunci Jawaban Membuat Kalimat Percakapan dari Cerita “Ditukar dengan Apa?”
Menulis
Salin tabel di bawah ini di buku kalian, lalu lengkapilah.
Angka | Huruf |
Contoh:
Rp 39.400,00 |
tiga puluh sembilan ribu empat ratus rupiah |
Rp5.000,00 | |
empat belas ribu tiga ratus rupiah | |
Rp83.750,00 | |
seratus sebelas ribu rupiah | |
Rp.327.050,00 | |
enam ribu lima ratus lima puluh rupiah | |
Rp18.600,00 | |
dua puluh satu ribu tiga ratus lima puluh rupiah | |
Rp52.299,00 | |
Empat ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus Sembilan puluh sembilan |
Kalian juga dapat menantang diri kalian untuk menuliskan angka yang lebih besar.
Pada bagian ini kalian berlatih menuliskan nilai uang dengan menggunakan angka dan huruf.
Baca Juga : Kunci Jawaban Mencari Informasi Terkait Sejarah Uang
Jawaban :
Angka | Huruf |
Contoh:
Rp 39.400,00 |
tiga puluh sembilan ribu empat ratus rupiah |
Rp 5.000,00 | Lima ribu rupiah |
Rp 14.300,00 | empat belas ribu tiga ratus rupiah |
Rp 83.750,00 | Delapan puluh tiga ribu tujuh ratus lima puluh rupiah |
Rp 111.000,00 | seratus sebelas ribu rupiah |
Rp 327.050,00 | Tiga ratus dua puluh tujuh ribu lima puluh rupiah |
Rp 6.550,00 | enam ribu lima ratus lima puluh rupiah |
Rp 18.600,00 | Delapan belas ribu enam ratus rupiah |
Rp 21.350,00 | dua puluh satu ribu tiga ratus lima puluh rupiah |
Rp 52.299,00 | Lima puluh dua ribu dua ratus sembilan puluh sembilan rupiah |
Rp 499.999,00 | Empat ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus Sembilan puluh sembilan |
Baca Juga : Kunci Jawaban Mencermati Tujuan Penulis Membuat Cerita “Ditukar dengan Apa?”
Kesimpulan
Demikianlah pembahasan tentang penulisan angka dan nilai uang pada materi bab V Bahasa Indonesia kelas 4 SD. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat menambah pengetahuan mengenai penulisan angka dan nilai uang yang benar. Sehingga akan lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan selanjutnya. Selamat belajar !
Disclaimer : Jawaban dalam pembahasan soal di atas merupakan salah satu referensi dalam menjawab soal dan bukan sebagai acuan utama. Oleh karena itu jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan masih bisa dikembangkan.