Kunci Jawaban Menentukan Tema dan Suasana yang Terkandung pada Puisi Gadis Peminta-Minta – Halo sobat kurikulum merdeka.id, pada pembahasan kali ini kalian akan belajar kembali tentang tema dan suasana yang terkandung dalam puisi.
Pada pembelajaran sebelumnya kalian telah melakukan identifikasi tema dan suasana pada puisi tuhan, kita begitu dekat karya abdul hadi w. M. Nah, untuk memperdalam kembali tentang materi tersebut pada pembelajaran kali ini kalian akan melakukan identifikasi pada puisi gadis peminta-minta.
Langsung saja kita akan masuk dalam pembahasan soal tentang kunci jawaban menentukan tema dan suasana yang terkandung pada puisi gadis peminta-minta yang terdapat pada buku Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka. Yuk kita simak bersama !
Kunci Jawaban Menentukan Tema dan Suasana yang Terkandung pada Puisi Gadis Peminta-Minta Halaman 183
Baca Juga : Kunci Jawaban Mengidentifikasi Tema dan Suasana pada Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat
Puisi ditulis penyair atas dasar gagasan pokok atau ide dasar tertentu. Ide atau gagasan pokok tersebut disebut tema. Tema puisi merupakan inti dari makna yang ingin disampaikan penyair. Untuk memahaminya, kalian harus melakukan pembacaan yang mendalam karena tema pada umumnya bersifat implisit atau tersirat. Sekalipun demikian, tema puisi dapat ditelusuri dengan mengenali kata-kata tertentu di dalamnya. Berdasarkan tema tertentu, penyair menyusun kata-kata hingga membentuk puisi yang utuh. Dengan demikian, susunan kata-kata akan sangat bergantung pada tema yang dipilih penyair.
Beberapa tema yang sering dipilih dalam berbagai puisi di antaranya ketuhanan, patriotisme, kemanusiaan, kritik sosial, keindahan alam, percintaan, persahabatan, dan pendidikan. Sebagai contoh, puisi abdul hadi w.m. yang berjudul “tuhan, kita begitu dekat” di atas mengandung ide dasar atau bertema ketuhanan. Hal ini tergambar dari penggunaan kata-kata seperti tuhanku/kita begitu dekat/sebagai api dengan panas/aku panas dalam apimu/. Bait tersebut menggambarkan perasaan dekat aku dengan tuhan seperti api dan panasnya.
Tema yang dipilih penyair juga dapat memengaruhi suasana puisi. Suasana adalah hal yang dirasakan dalam jiwa pembaca setelah membaca puisi. Suasana tersebut, misalnya gembira, bahagia, sedih, haru, bimbang, sepi, pasrah, dan sebagainya. Suasana juga berkaitan dengan efek yang ditimbulkan puisi terhadap keadaan batin atau perasaan pembaca. Sebagai contoh, abdul hadi w.m. berjudul “tuhan, kita begitu dekat” yang bertema ketuhanan di atas. Di dalamnya terdapat ungkapan kedekatan aku dan tuhan dalam analogi /sebagai api dengan panas/aku panas dalam apimu/ sebagai api dengan panas/aku panas dalam apimu/kita begitu dekat/seperti angin dan arahnya/. Melalui hal tersebut, pembaca dapat merasakan suasana khidmat, tenang, dekat, dan merasa erat dengan tuhan.
Untuk lebih memahaminya, berikut ini merupakan puisi “Gadis Peminta-Minta” karya toto s. Bachtiar. Cermati puisi di bawah ini dan tentukan tema serta suasana yang terkandung di dalamnya!
Baca Juga : Kunci Jawaban Menelaah Kesesuaian Diksi, Majas, Pengaturan Rima, dan Tipografi pada Puisi Nyanyian Gerimis
Gadis Peminta-Minta
Karya Toto S. Bachtiar
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
Pulang ke bawah jembatan yang melulur
Sosok
Hidup dari kehidupan angan-angan yang
Gemerlapan
Gembira dari kemayaan riang
Duniamu yang lebih tinggi dari menara
Katedral
Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kauhafal
Jiwa begitu murni, terlalu murni
Untuk bisa membagi dukaku
Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil
Bulan di atas itu, tak ada yang punya
Dan kotaku. Ah kotaku
Hidupnya tak lagi punya tanda
Baca Juga : Kunci Jawaban Menganalisa Penggunaan Diksi, Pengaturan Rima, dan Tipografi pada Puisi Tapi
Setelah membaca dengan saksama puisi di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Perasaan apa yang ingin diungkapkan penyair dalam puisi tersebut? Jelaskan!
2. Jelaskan bagaimana nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi di atas!
3. Jelaskan makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut!
4. Pernahkah kalian bertemu dengan gadis kecil peminta-minta? Jelaskan apa yang kalian pikirkan dan rasakan saat bertemu gadis kecil peminta-minta tersebut!
5. Apa tema teks puisi di atas? Jelaskan bukti atau alasannya!
Jawaban :
1. Perasaan yang ingin diungkapkan oleh penyair dalam puisi tersebut adalah perasaan sedih dan juga rasa haru pada gadis peminta-minta.
2. Nada dan suasana yang terkandung dalam teks tersebut adalah suasana sedih, iba, haru, dan rasa empati terhadap gadis peminta-minta.
3. Makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisi tersebut adalah dalam kehidupan harus saling menghargai satu sama lain tanpa harus memandang status sosial. Di dalam hidup tidak semua orang itu kaya, akantetapi juga ada yang miskin dan kekurangan.
4. Ya saya pernah bertemu dengan gadis kecil peminta-minta, saya merasa kasihan, iba dan empati.
5. Puisi di atas bertemakan kepedulian sosial, terbukti dengan puisi menggambarkan perasaan si aku terhadap gadis peminta-minta.
Baca Juga : Kunci Jawaban Mencermati Teks Diskusi
Penutup
Nah, demikianlah pembahasan tentang kunci jawaban menentukan tema dan suasana yang terkandung pada puisi Gadis Peminta-Minta yang terdapat pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Untuk SMA/SMK Kelas X. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat menambah pengetahuan mengenai tema dan suasana pada puisi. Sehingga akan lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan. Selamat belajar !
Disclaimer : jawaban dalam pembahasan soal di atas merupakan salah satu referensi dalam menjawab soal dan bukan sebagai acuan utama. Oleh karena itu jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan masih bisa dikembangkan.