Download Contoh Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik di PMM

Download Contoh Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik di PMM – Dalam dunia pendidikan, peran guru tidak dapat dipandang sebelah mata. Mereka tidak hanya bertugas sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pilar utama dalam membentuk karakter dan kualitas generasi masa depan. Oleh karena itu, penting bagi setiap sekolah untuk terus memantau dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu metode yang telah terbukti efektif adalah melalui observasi guru di kelas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peranan penting kepala sekolah dalam melaksanakan observasi guru dan bagaimana hal ini berkontribusi pada pengembangan profesionalisme guru serta peningkatan mutu pendidikan.

Observasi guru oleh kepala sekolah tidak sekadar sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai sarana untuk memberikan dukungan dan bimbingan yang diperlukan. Dengan melakukan observasi secara rutin, kepala sekolah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam metode pengajaran serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru. Selain itu, observasi juga membantu kepala sekolah untuk memastikan bahwa implementasi kurikulum dan strategi pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi guru secara individu, observasi guru juga berdampak positif pada keseluruhan lingkungan belajar di sekolah. Dengan memperhatikan praktik pengajaran yang efektif dan mempromosikan kolaborasi antar-guru, kepala sekolah dapat menciptakan budaya pembelajaran yang dinamis dan progresif. Oleh karena itu, melalui artikel ini, kita akan lebih memahami pentingnya observasi guru sebagai salah satu strategi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM

Dalam menjalankan proses observasi, kepala sekolah diwajibkan untuk menyusun sebuah instrumen yang berisi poin-poin yang akan dievaluasi saat guru mengajar di kelas. Setiap aspek perilaku yang dinilai oleh kepala sekolah memiliki komponen yang menjadi pedoman penilaian.

Observasi ini menuntut guru untuk menyiapkan segala keperluan yang diperlukan agar kepala sekolah dapat mengamati kegiatan mengajar dan melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang hendak ditingkatkan oleh masing-masing guru di sekolah. Perlu dicatat bahwa terdapat 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru selama proses observasi kinerja guru di PMM.

Berikut adalah 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

  1. Penerapan Disiplin Positif
  2. Keteraturan Suasana Kelas
  3. Umpan Balik Konstruktif
  4. Perhatian dan Kepedulian
  5. Ekspektasi pada Peserta Didik
  6. Aktivitas Interaktif
  7. Instruksi yang Adaptif
  8. Instruksi Pembelajaran

Komponen penilaian yang terdapat dalam Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik

Untuk guru yang memilih fokus perilaku Penerapan Aktivitas Interaktif selama proses observasi pembelajaran, kepala sekolah akan menilai sesuai dengan poin-poin yang terdapat dalam fokus perilaku tersebut. Berikut adalah komponen-komponen penilaian yang terdapat dalam Fokus Perilaku Penerapan Disiplin Positif.

Guru mengkomunikasikan harapannya yang tinggi terhadap masa depan seluruh peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru mengenal nama setiap peserta didiknya beserta karakternya
  • Guru menyampaikan cita-cita masa depan yang bermakna  pada peserta didik
  • Guru mendiskusikan harapan positif peserta didik tentang masa depannya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
  • Guru menjelaskan  harapan-harapan yang tidak  relevan dengan peserta didik
  • Guru mengabaikan potensi peserta didik karena lebih focus pada kelemahannya

Guru mengkomunikasikan harapan positif terhadap semua peserta didik secara setara dan tanpa diskriminasi

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menyampaikan harapan positifnya secara terbuka dan berlaku bagi semua peserta didik
  • Guru memberikan dukungan tambahan pada peserta didik yang sudah berusaha meski belum berhasil
  • Guru menyebutkan potensi peserta didik meski peserta didik sendiri tidak menyadarinya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
  • Guru mengulang harapan-harapan positif tertentu yang hanya relevan dengan Sebagian peserta didik
  • Guru menyebutkan potensi peserta didik yang terlihat menonjol saja

Guru memberikan tantangan yang bermakna disertai motivasi untuk mencapainya

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru berdiskusi dengan peserta didik tentang tujuan hidup/cita-cita mereka
  • Menyediakan tantangan belajar yang relevan dengan pembelajaran dan bermakna bagi peserta didik
  • Menunjukan  keyakinan berulang kali bahwa peserta didiknya mampu mengatasi tantangan belajar

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Memberikan tantangan belajar tapi tidak memberikan motivasi
  • Menggunakan hadiah dan hukuman untuk memotivasi murid
  • Mengkomunikasikan kompetensi dalam kelas secara berlebihan

Download Contoh Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik di PMM

Dalam proses observasi guru di kelas, kepala sekolah memerlukan suatu rubrik atau alat penilaian yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat observasi pembelajaran dilakukan.

Kami menyediakan contoh instrumen observasi untuk fokus perilaku guru pada indikator Penerapan Aktivitas Interaktif . Di dalam instrumen yang kami sediakan ini, setiap komponen penilaian dari indikator tersebut telah dijelaskan dengan baik, termasuk perilaku yang diharapkan dan yang perlu dihindari.

Dengan adanya instrumen observasi untuk fokus perilaku guru pada indikator “Penerapan Disiplin Positif”, diharapkan kepala sekolah atau tim pengamat akan lebih mudah dalam melakukan penilaian terhadap guru yang sedang diamati saat proses pembelajaran berlangsung di kelas. Berikut ini adalah link yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh filenya.

Download Contoh Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Ekspektasi Pada Peserta Didik di PMM [Download File]

Penutup

Dalam penutup, penting bagi kita untuk mengingat bahwa observasi guru bukanlah sekadar alat evaluasi, tetapi juga merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui proses ini, kita dapat memperkuat kompetensi guru, memperbaiki proses pembelajaran, dan akhirnya, memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Kepala sekolah memegang peranan sentral dalam memastikan bahwa observasi dilakukan secara konsisten dan berdampak positif, sehingga mendorong terciptanya lingkungan belajar yang memadai dan memberdayakan.

Selain itu, observasi guru juga menjadi jembatan komunikasi antara kepala sekolah dan staf pengajar. Dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dan membangun, kepala sekolah dapat membantu guru dalam mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk pengembangan profesional mereka. Dengan demikian, observasi guru tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun hubungan kerja yang kuat dan saling mendukung di antara anggota sekolah.

Terakhir, perlu diingat bahwa tujuan utama dari observasi guru adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui refleksi terhadap praktik pengajaran yang efektif, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, responsif, dan berpusat pada kebutuhan siswa. Dengan demikian, observasi guru bukan hanya tentang meningkatkan kinerja individu, tetapi juga tentang menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang melalui pendidikan yang berkualitas dan terus berkembang.

Tinggalkan komentar