Bacaan LOMPAT TALI Bahasa Indonesia kelas 3 Kurikulum Merdeka

Bacaan LOMPAT TALI Bahasa Indonesia kelas 3 Kurikulum MerdekaSelamat datang di materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 3 Kurikulum Merdeka! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah cerita yang menarik dan penuh semangat dengan judul “Lompat Tali”. Cerita ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung pesan penting tentang kebersamaan, kegembiraan, dan semangat dalam bermain.

“Lompat Tali” menggambarkan keceriaan sekelompok anak yang bermain lompat tali, sebuah permainan tradisional yang sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Melalui cerita ini, siswa akan diajak untuk memahami bagaimana cara bermain lompat tali, merasakan perasaan saat bermain, dan menikmati kebersamaan dengan teman-teman. Selain itu, cerita ini juga memberikan pelajaran tentang bagaimana menghadapi kegagalan dengan sikap positif dan tetap menjaga semangat.

Mari kita mulai petualangan membaca dengan semangat dan kegembiraan, dan lihat bagaimana Tio, Anis, dan Edo menjalani permainan lompat tali dengan penuh keceriaan. Selamat membaca dan belajar!

LOMPAT TALI

“Putar lebih cepat!” seru Tio.
Anis dan Edo memberi semangat.
Tali karet diputar dengan cepat.
Tio mengambil ancang-ancang.
Kemudian … hup … hup!

Gagal!
Tali membelit kaki Tio.
Dia terjatuh, tetapi tetap tertawa.
Kini Tio mendapat giliran memutar tali.
Pemain berikutnya adalah Anis.
Apakah Anis akan berhasil?

Lengkapi kalimat berikut ini dengan ancang-ancang atau membelit

Adikku cemberut. Aku tahu, biasanya itu tanda dia akan menangis.
Aku mengambil ……………….., kemudian melompat sambil bergaya.
Kuajak adikku memainkan permainan anak gorila.
Dia memeluk dan …………………. kakiku sambil tertawa.

Jawablah pertanyaan berikut ini.

Menurut kalian, cerita “Lompat Tali” bercerita tentang apa?
Pilihlah jawaban yang tepat dengan membubuhkan tanda centang (✓).
Cara bermain lompat tali
Perasaan saat bermain lompat tali
Cara membuat peralatan lompat tali
Peralatan yang harus dibawa saat main lompat tali
……………………………… (isi dengan pendapat kalian)

Jawaban

Adikku cemberut. Aku tahu, biasanya itu tanda dia akan menangis. Aku mengambil ancang-ancang, kemudian melompat sambil bergaya. Kuajak adikku memainkan permainan anak gorila. Dia memeluk dan membelit kakiku sambil tertawa.

Menurut kalian, cerita “Lompat Tali” bercerita tentang apa? Pilihlah jawaban yang tepat dengan membubuhkan tanda centang (✓).

  • Cara bermain lompat tali
  • [✓] Perasaan saat bermain lompat tali
  • Cara membuat peralatan lompat tali
  • Peralatan yang harus dibawa saat main lompat tali
  • ……………………………… (isi dengan pendapat kalian)

Pendapat saya: Cerita ini juga mengajarkan tentang pentingnya semangat dan kegembiraan dalam bermain bersama teman-teman.

Tinggalkan komentar