Bacaan LOMPAT TALI Bahasa Indonesia kelas 3 Kurikulum Merdeka – Selamat datang di materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 3 Kurikulum Merdeka! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah cerita yang menarik dan penuh semangat dengan judul “Lompat Tali”. Cerita ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung pesan penting tentang kebersamaan, kegembiraan, dan semangat dalam bermain.
LOMPAT TALI
“Putar lebih cepat!” seru Tio.
Anis dan Edo memberi semangat.
Tali karet diputar dengan cepat.
Tio mengambil ancang-ancang.
Kemudian … hup … hup!
Gagal!
Tali membelit kaki Tio.
Dia terjatuh, tetapi tetap tertawa.
Kini Tio mendapat giliran memutar tali.
Pemain berikutnya adalah Anis.
Apakah Anis akan berhasil?
Lengkapi kalimat berikut ini dengan ancang-ancang atau membelit
Adikku cemberut. Aku tahu, biasanya itu tanda dia akan menangis.
Aku mengambil ……………….., kemudian melompat sambil bergaya.
Kuajak adikku memainkan permainan anak gorila.
Dia memeluk dan …………………. kakiku sambil tertawa.
Jawablah pertanyaan berikut ini.
Menurut kalian, cerita “Lompat Tali” bercerita tentang apa?
Pilihlah jawaban yang tepat dengan membubuhkan tanda centang (✓).
Cara bermain lompat tali
Perasaan saat bermain lompat tali
Cara membuat peralatan lompat tali
Peralatan yang harus dibawa saat main lompat tali
……………………………… (isi dengan pendapat kalian)
Jawaban
Adikku cemberut. Aku tahu, biasanya itu tanda dia akan menangis. Aku mengambil ancang-ancang, kemudian melompat sambil bergaya. Kuajak adikku memainkan permainan anak gorila. Dia memeluk dan membelit kakiku sambil tertawa.
Menurut kalian, cerita “Lompat Tali” bercerita tentang apa? Pilihlah jawaban yang tepat dengan membubuhkan tanda centang (✓).
- Cara bermain lompat tali
- [✓] Perasaan saat bermain lompat tali
- Cara membuat peralatan lompat tali
- Peralatan yang harus dibawa saat main lompat tali
- ……………………………… (isi dengan pendapat kalian)
Pendapat saya: Cerita ini juga mengajarkan tentang pentingnya semangat dan kegembiraan dalam bermain bersama teman-teman.